Resep Candil Ubi Ungu Tepung Ketan

Resep candil ubi ungu tepung ketan – Candil adalah salah satu menu minuman tradisional yang banyak disukai oleh orang-orang Indonesia. Karena sejak jaman dahulu candil menjadi menu favorite untuk menghilangkan dahaga pada saat panas terik matahari menyerang. Minuman atau bisa disebut dengan kolak biasanya dijual dipinggir jalan dengan harga yang murah. Terlebih akan sangat ramai sekali ketika memasuki bulan puasa yang penuh dengan berkah sehingga banyak orang yang akan membuat minuman segar untuk berbuka termasuk candil ini. Banyak sekali minuman yang bisa disebut dengan candil, ada resep candil ubi kenyal atau ubi kuning yang tidak kalah enaknya dengan yang ibu ungu. Terlebih lagi jika anda mau mencoba resep bubur candil ubi ungu ncc yang mana memiliki ciri khas yang berbeda dengan lainnya. Bisa mencobanya dirumah, silahkan klik link yang ada disana.

Resep Candil Ubi Ungu Tepung Ketan

Bubur candil ubi ungu hesti yang juga tidak kalah menariknya selain dari resep candil. Resep kolak candil ubi kuning ini memang menjadi hidangan penutup makan setalah anda menikmati makanan utama baik dirumah atau warung. Ada variasi yang lebih menarik dari candil ini dimana anda bisa membuat candil dengan pola warna warni yang yang menarik bagi anak-anak. Bagi anda yang suka untuk membuka usaha anda bisa mencoba resep candil ini yang akan menambahkan aktifitas bagus dalam kegiatan sehari-hari. Mencoba berjualan seperti minuman segar candil cocok sekali bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki aktifitas pada dirumah. Berikut ini yang bisa anda coba untuk bisa membuat candil ubi ungu dirumah.

Bahan-bahan:

  • 500 kg tepung ketan putih rose brand
  • 2 sendok makan tepung sagu/tapioka
  • 1 bungkus vanili
  • 15 sendok makan gula putih (sesuai selera)
  • Pewarna (hijau, kuning, merah) /selera
  • Air untuk merebus adonan secukupnya

Bahan kuahnya:

  • 2 bungkus santan kara
  • 1 helai daun pandan
  • Gula putih secukupnya
  • Air secukupnya

Langkah membuat candil ubi ungu tepung ketan:

  1. Siapkan panci, isi dengan air lalu didihkan air untuk merebus cendil.
  2. Bahan cendilnya : campurkan semua bahan-bahan beri air sedikit demi sedikit uleni sampai kalis.
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian lalu beri pewarna pada masing-masing di setiap bagian sesuai selera.
  4. Bentuk bulatan bulatan adonan lalu rebus sampai mengapung, beri sedikit minyak goreng supaya tidak lengket angkat dan tiriskan, lakukan hingga habis.
  5. Bahan kuahnya: siapkan panci sedang tuangkan air secukupnya, tambahkan gula, masukkan daun pandan dan santan, aduk-aduk sampai mendidih supaya santan tidak pecah. Masukkan cendil yang sudah di rebus, masak beberapa saat dan matikan kompornya.
  6. Kolak cendil siap di hidangkan selagi hangat/dingin.

Nikmati candil buatan anda selagi itu masih hangat. Ini sangat enak dan nikmati sekali dimakan bersama teman dan keluarga. Bila anda suka berwirausaha bisa saja anda mencoba untuk berjualan dan membuat itu sebanyak yang anda bisa.

Resep Candil Ubi Ungu Tepung Ketan | Dinda | 4.5