Resep Lumpia Basah Spesial Enak Dan Sederhana

Resep jajanan atau kue tradisional lumpia basah adalah salah satu kue yang banyak sekali orang meminatinya, karena rasanya yang enak dan sangat lembut membuat lumpia sebagai kue tradisional yang sering kali disajikan ketika ada acara hajatan seperti nikah, khitan, kajatan, atau acara yang lainnya. Kue ini berisikan sayuran atau daging, yang mana anda bisa memilih salah satu bahan yang akan anda masukkan dalam membuat lumpia basah. Ada memang 2 versi antara lumpai basah dan lumpia kering sering kali menjadi salah satu kebimbangan yang mana yang harus dibuat untuk lumpia ini. Ada yang suka dengan lumpia kering dan ada pula yang suka dengan yang basah-basah, kalau yang kering yang memang sering terlihat berisi rebung bambu atau kecambah & wortel.

Resep Lumpia Basah Spesial Enak Dan Sederhana

Manis, gurih, dan empuk merupakan komposisi yang disajikan ketika anda mencoba memakan lumpia basah. Bahwasannya lumpia basaha merupakan jajan khas Bandung yang sudah menjalar kemana-mana namanya. Kemudian menjadi salah satu kue basah yang digemari banyak masyarakat Indonesia karena memang enak dan mudah sekali untuk bisa membuat lumpia basah dari Bandung ini.

Tidak butuh waktu yang lama karena memang dengan hanya waktu kurang dari 1 jam anda bisa menikmati lumpia basah yang bisa dimakan dengan saus kesukaan. Ada beberapa alasan mengapa sulit ketika membuat lumpia yaitu pada kulitnya, namun saya ada cara membuat kulit lumpia anti robek yang mudah untuk anda coba dirumah. Bila anda menemukan masalah yang sama seperti cara mengatasi kulit lumpia yang sudah kering bisa anda coba tips kemarin sore yang sudah kami bagikan.

Bahan-bahan:

  • 500 gram bengkuang
  • 150 gram gula merah, sisir
  • 400 ml air
  • 1 sendok makan tepung maizena/kanji
  • 300 gram tauge
  • kulit lumpia secukupnya
  • 3 butir telur
  • kaldu bubuk secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 butir cabe rawit
  • 6 siung bawang putih

Cara membuat lumpia basah:

  1. Kupas bengkuang kemudian cuci sampai bersih lalu potong-potong seperti korek api. Sisihkan.
  2. Masak air secukupnya & masukkan gula merah, lalu jerang dengan api kecil samapi gula larut. Saring dulu kemudian masukkan lagi ke panci dan tambahkan bengkuang yang telah dipotong korek api. Masak sampai air sedikit menyusut dan bengkuang berwarna menjadi coklat dan empuk.
  3. Sisakan air yang dari rebusan bengkuang sedikit lalu tambahkan tepung maizena yang sudah dicampurkan dengan 3 sdm air. Jerang dengan api yang kecil dan aduk-aduk cepat sampai teksturnya seperti lem.
  4. Tumis bumbu halus sampai wangi lalu tambahkan telur. Kemudian orak-arik sampai matang, tambahkan bengkuang dan tauge secukupnya. Berikan sedikit kaldu bubuk dan merica. Tes rasa kemudia angkat, dan sisihkan.
  5. Penyajian: ambil satu lembar kulit lumpia, berikan adonan lem yang tadi telah dibuat, lalu ratakan lem gula sampai menutupi bagian kulit lumpia dan tuangkan isian (bengkong + tauge yang ditumis dengan bumbu halus).
  6. Lumpia basah siap santap.

Bunda dan kakak yang cantik bisa langsung mencoba menerapkan resep yang sudah saya bagikan diatas. Resep ini bisa untuk pemula yang belum mahir membuat lumpia khas Bandung. Kalua anda senang dengan resep yang kami berikan, anda bisa membagikan atau share kepada teman yang lainnya.

Resep Lumpia Basah Spesial Enak Dan Sederhana | Dinda | 4.5